Laporan/makalah pembuatan kemasan produk

Laporan Hasil Kerja Membuat Produk Kemasan Dari Bahan Kertas

Pendahuluan
A. Latar Belakang

Salah satu persoalan yang cukup penting dalam dunia usaha adalah bagaimana aspek pamasaran yang baik sehingga dapat mempertahankan kelangsungan hidup suatu perusahaan. Aspek pemasaran tersebut yaitu cara produk dan jasa dapat terjual sampai pada pelayanan yang memuaskan bagi konsumen. Dengan banyaknya pesaing yang muncul membuat manajer pemasaran harus berfikir kembali bagaimana cara untukmerebut perhatian konsumen. Pengemasan merupakan salah satu faktor penting yang harus diperhatikan untuk merebut perhatian konsumen. Karena saat ini kemasan bisa menjadi strategi jitu dalam pemasaran suatu produk untuk menarik minat beli konsumen. Kemasan juga bisa memberi gambaran awal dari suatu produk, baik itu dari segi kualitas maupun nilai produk yang di tawarkan oleh produsen.Kemasan seharusnya merupakan kesan singkat dari citra suatu produk yang ingin disampaikan dari produsen, dan kemasan tersebut haruslah terpadu dengan fungsi produk. Desain kemasan memerlukan banyak pemikiran dan tentu saja bukan suatu hal yang mudah. Yang terpenting dari kemasan adalah kemasan tersebut harus menunjukkan identitas suatu produk.

Kemasan/packaging berasal dari kata package yang artinya sepadan dengan kata kerja “membungkus‟ atau „mengemas‟ dalam bahasa Indonesia, sehingga secara harfiah pengertian packaging dapat diartikan sebagai pembungkus atau kemasan. Maka secara sederhana kemasan dapat diartikan sebagai suatu benda yang berfungsi untuk melindungi, mengamankan produk tertentu yang berada di dalamnya serta dapat memberikan citra tertentu pula untuk membujuk penggunanya. Secara fungsi wujudnya harus merupakan kemasan yang mudah dimengerti sebagai sesuatu yang dapat dibawa, melindungi dan mudah dibuka untuk benda atau produk apapun. Terpenting ia harus berhasil dalam uji kelayakan sebagai fungsi pengemas, dapatkah ia menjaga produknya secara keseluruhan, dapatkah ia menjaga untuk mengkondisikan produk tersebut dalam jangka waktu tertentu dan karena perpindahan tempat.

B. Rumusan Masalah
1. Bagaimana cara membuat desain yang unik ?
2. Bagaimana cara membuat kemasan yang dapat menarik minat pembeli dengan bahan seadanya ?
3. Apa saja hal yang dibutuhkan untuk membuat desain kemasan?

C. Tujuan
1. Mengetahui cara membuat desain yang unik
2. Mengetahui cara membuat kemasan yang sederhana dan dapat menarik minat pembeli
3. Mengetahui alat dan bahan apa saja yang dibutuhkan dalam pembuatan kemasan produk sederhana

Pembahasan
A. Alat dan Bahan Untuk Proses Pembuatan Kemasan Produk

1. Pensil
2. Penggaris
3. Gunting
4. Spidol berwarna
5. Kertas putih
6. Kertas Buffalo
7. Logo/tulisan hasil print
8. Lem 
9. Penghapus


B. Proses Pembuatan
1. Pertama-tama kita harus membuat desain awal terlebih dahulu. Buat desain awal di kertas putih. Ukuran kemasan harus sesuai dengan besar barang. Untuk contoh perhatikan gambar berikut !

2. Jika desain awal sudah cocok dengan benda yang akan kita masukan ke dalam kemasan, maka proyeksikan desain tersebut ke kertas buffalo dengan garis yang lebih rapih dan memperbaiki kesalahan pada desain awal. Untuk contoh ukuran dan jarring-jaring kemasan dapat memperhatikan contoh berikut.

3. Gunting sesuai pola yang sudah anda buat seperti contoh berikut.
4. Lipat setiap garis yang ada sehingga membentuk balok. Lipat kearah dalam agar bagian yang tidak terdapat garis berada dj luar.
5. Jika sudah terbentuk balok, langkah selanjutnya adalah menghias. Tempel gambar logo atau tulisan hasil print sehingga kemasan terlihat menarik.
6. Kemasan produk sudah selesai dan siap untuk dipakai. Langkah selanjutnya adalah membersihkan dan merapihkan ruangan serta alat dan bahan sebagai bentuk tanggung jawab.


Kesimpulan
Kemasan mempunyai arti yang penting didalam mempengaruhi para konsumen langsung maupun tidak langsung, di dalam menentukan pilihan terhadap produk yang akan dibelinya. Untuk itu maka bentuk luar suatu produk harus dapat dibuat semenarik mungkin bagi konsumen.
Dan contoh kemasan produk diatas adalah contoh kemasan produk sederhana dan mudah dibuat serta memakai bahan-bahan yang mudah didapatkan sehingga semua orang dapat membuatnya.

Komentar

Postingan Populer